SobatGO pasti pernah ngerasa takut dan khawatir sebelum menghadapi ujian kan? Apalagi yang kelas 12 dan lagi persiapan untuk UTBK, pasti tegang banget. Takut dan tegang itu sesuatu yang normal kok sobatGO, tapi kalau rasa takut tersebut muncul bersamaan dengan rasa cemas yang berlebih ketika akan menghadapi ujian, kamu sebaiknya berhati-hati dan jangan sampai dikendalikan oleh testophobia ini ya, sobatGO. Kalau kamu sampai dikendalikan oleh testophobia ini maka kamu justru akan merasakan serangan panik yang lebih parah seperti :

·      Keringat Berlebih

·      Badan Gemetar

·      Muka memerah

·      Mual

·      Sakit Kepala, hingga

·      Sesak nafas

Beberapa orang yang menderita fobia seperti fobia ketinggian, atau fobia gelap biasanya akan lebih memilih untuk menghindari berada di tempat tinggi atau masuk ke ruangan yang gelap. Tapi untuk testophobia? Apakah harus menghindari tes? Tentu saja tidak. Nih, minGO kasih tips yang bisa membuat kamu tenang untuk menghadapi ujian. Cekidot!!

1.    Persiapkan diri lebih matang sebelum ujian

Lakukan persiapan yang lebih matang dari jauh-jauh hari ya, sobatGO. Latihan materi-materi yang akan diujikan melalui try out juga gak kalah penting lho. Nah buat bantu persiapanmu, Ganesha Operation punya Program Super Intensif nih. Yuk daftar sekarang juga.

2.   Belajar teknik relaksasi dan olahraga

Selain belajar, otak tentu butuh relaksasi nih, sobatGO. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan tepat sebelum dan selama menjalani tes untuk membantu kamu tetap tenang dan percaya diri. Kamu bisa menarik napas panjang, relaksasi otot, atau menutup mata dan membayangkan hasil yang positif. Olahraga juga bisa membantu untuk melemaskan otot sebelum ujian nih, tapi jangan olahraga berat ya.

3.   Makan dan minum teratur

Logistik untuk perut gak boleh sampe dilupain nih sobatGO, tapi jangan makan sembarangan ya. Hindari makanan yang mengandung banyak gula dan kafein karena justru akan meningkatkan detak jantung dan membuat kamu makin cemas. MinGO punya beberapa makanan yang bisa membantu kamu belajar nih. Klik disini ya https://www.instagram.com/p/B5bNhM3lbLR/

4.   Cukup tidur

Inilah kenapa sistem kebut semalam itu gak baik, kalau kamu kurang tidur otomatis kamu lelah dan ngantuk. Emang sih kamu gak bakalan cemas waktu ujian, tapi malah ketiduran. Paniknya waktu bangun deh hehehe. Makanya jangan lupa untuk tidur 7-8 jam setiap malam ya,sobatGO.

5.   Konsultasi

Untuk jaga-jaga sebaiknya kamu juga konsultasikan diri ke psikolog untuk membantu masalah gangguan perasaaan, pikiran, dan perilaku yang mungkin dapat memperburuk kecemasan.

 

Jadi sobatGO, gak usah takut sama tes. Selama kamu udah persiapan jauh-jauh hari sebelumnya. Apalagi kalau dibantu sama guru-guru terbaik dari Ganesha Operation, dijamin pasti keluar ruang ujian sambil senyum-senyum bahagia.

 

Sumber

Fearof.Org. Retrieved from Fear of taking tests. Testophobia: https://fearof.org/testophobia/


Baca Juga



Artikel Lainnya


Comment


Tentang Kami

Bimbel Ganesha Operation merupakan lembaga bimbingan belajar terbaik dan terbesar di Indonesia. Berdiri sejak 1 Mei 1984 di Kota Bandung, saat ini Ganesha Operation telah tersebar di 265 kota di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Ambon.