Hai sobatGO, ada yang penasaran sama jurusan Teknik Telekomunikasi? Jurusannya ngapain aja sih? Prospek kerjanya bakal gimana sih? Tenang, minGO bakal kasih kalian info lengkap soal jurusan ini, yuk cekidot.

 

Jadi sobatGO, menurut Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Institut Teknologi Bandung, Program Studi Teknik Telekomunikasi adalah program multidisiplin ilmu pengetahuan, yang memadukan pengetahuan di bidang teknik elektro, ilmu komputer, manajemen, ekonomi, kebijakan, dan ilmu-ilmu dasar sains serta matematika. Wah, ribet banget bahasanya minGO. Ringkasnya, Teknik Telekomunikasi merupakan tempat kamu mempelajari penggabungan ilmu Teknik Elektro dan komputer yang digunakan untuk menciptakan alat-alat komunikasi seperti radar dan navigasi, komunikasi satelit, telepon seluler, dsb.  Selain membuat alat komunikasi, di prodi ini kamu juga mempelajari manajemen jaringan, menghubungkan router, bahkan juga ada manajemen proyek (proyeknya banyak lho, sobatGO). Mahasiswa Teknik Telekomunikasi juga akan mempelajari perekonomian dan kebijakan, seperti pembuatan peraturan tentang pengaturan frekuensi yang boleh digunakan oleh operator dan masih banyak lagi. Banyak juga yang dipelajari ya sobatGO. 



Sumber : https://up2m.ui.ac.id/


Nah, kalau prospek kerjanya bisa dimana aja nih? Kamu gak perlu risau masalah prospek kerja, karena lulusan Teknik Telekomunikasi memiliki prospek kerja yang sangat luas. Ya iyalah, karena kompetensi Teknik Telekomunikasi dibutuhkan oleh berbagai sektor nasional dan multinasional, termasuk operator telekomunikasi dan vendor, industri komunikasi satelit, radio, televisi, penyiaran, industri multimedia, industri radar dan navigasi, industri perbankan dan lembaga keuangan, industri minyak dan pertambangan, lembaga penelitian dan Pendidikan, badan pemerintah, profesi akademis dan lembaga penelitian, pengusaha dan perusahaan konsultan/kontraktor, industri kreatif, industri penerbangan dan pesawat terbang, angkatan bersenjata dan maritime, industri tenaga listrik, penyedia layanan internet, dll. 


Gimana? Tertarik buat masuk ke Teknik Telekomunikasi? minGO punya saran 3 PTN yang membuka program studi Teknik Telekomunikasi yaitu:

  1. Institut Teknologi Bandung
  2. Institut Teknologi Sepuluh November
  3. Universitas Gajah Mada

Yuk, siapin diri sekarang juga bareng Ganesha Operation biar kamu bisa masuk ke jurusan yang kamu inginkan baik melalui SNMPTN maupun SBMPTN.

Sumber:

 

Sarjana Teknik Telekomunikasi. Retrieved from Sekolah Teknik Elektro dan Informatika: https://stei.itb.ac.id/id/pendidikan/sarjana-telekomunikasi/


Baca Juga



Artikel Lainnya


Comment


Tentang Kami

Bimbel Ganesha Operation merupakan lembaga bimbingan belajar terbaik dan terbesar di Indonesia. Berdiri sejak 1 Mei 1984 di Kota Bandung, saat ini Ganesha Operation telah tersebar di 265 kota di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Ambon.