SobatGO suka ngeliatin rumah-rumah sekitaran komplek? Atau mungkin lagi ada rencana buat renovasi rumah nih? Udah mikirin rumah seperti apa yang ideal pas nanti udah kerja? Kenalan dulu yuk sama jurusan Arsitektur, tempat dimana benda benda di sekitarmu bisa jadi ide untuk bangun gedung seperti gambar dibawah ini:

Sumber: https://hot.liputan6.com/

Apasih itu jurusan Arsitektur? Menurut website Arsitektur ITB, arsitektur sendiri merupakan ilmu dan seni dalam mendesain dan merancang bangunan dan struktur. Intinya, arsitektur bertujuan untuk menciptakan sebuah ruang untuk kebutuhan manusia. Desain dan rancangan seorang arsitek memiliki karakteristik tertentu yaitu kegunaan, kekokohan, dan keindahan. Jadi, suatu bentuk yang dirancang oleh seorang arsitek haruslah memiliki fungsi dan nilai estetika (keindahan). Hal itu tidak mudah, seringkali kita temukan bangunan yang indah namun fungsinya tidak terlalu diperhatikan, ataupun sebaliknya suatu bangunan yang hanya mementingkan fungsi namun tidak memperhatikan keindahannya. Konsep-konsep tersebutlah yang akan sobatGO pelajari pada program studi Arsitektur.


Sumber: https://cdn.dribbble.com/

Terus, prospek kerjanya dimana aja nih minGO? Tenang sobatGO, selama manusia membutuhkan bangunan, jurusan arsitektur gak akan pernah mati. Makanya, banyak banget temen-temen atau kakak kelas kamu yang ngebet pengen masuk arsitektur. Selain bekerja sebagai arsitektur in house (arsitek khusus yang dipekerjaan untuk membangun kantor, rumah dinas, dan prasarana lain), kamu bisa juga lho kerja di instansi pemerintah sebagai perencana proyek, misalnya Badan Perencana Daerah atau Dinas Pekerjaan Umum. Selain itu kamu juga bisa jadi seorang konsultan, dosen, kontraktor bahkan quantity surveyor.

Banyak banget ya sobatGO lapangan pekerjaannya? Tertarik buat masuk ke jurusan arsitektur? MinGO punya saran 5 PTN yang membuka program studi Arsitektur terakreditasi A yaitu:

 

1.    Institut Teknologi Bandung

2.    Institut Teknologi Sepuluh November

3.    Universitas Gajah Mada

4.    Universitas Diponegoro

5.    Universitas Brawijaya

 

Yuk, siapin diri sekarang juga bareng Ganesha Operation biar kamu bisa masuk ke jurusan yang kamu inginkan baik melalui SNMPTN maupun UTBK-SBMPTN.


Baca Juga



Artikel Lainnya


Comment


Tentang Kami

Bimbel Ganesha Operation merupakan lembaga bimbingan belajar terbaik dan terbesar di Indonesia. Berdiri sejak 1 Mei 1984 di Kota Bandung, saat ini Ganesha Operation telah tersebar di 265 kota di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Ambon.