Kalau minGO nanya ke sobatGO, “Mau masuk ke jurusan mana nih?” SobatGO pasti bakal jawab Kedokteran, Elektro, Akuntansi, Manajemen atau mungkin Hukum. Tapi sobatGO pernah sadar gak kalau ternyata jurusan-jurusan yang ada di dunia ini sangat beragam lho. Bayangkan aja, hampir semua profesi yang ada di dunia ini pasti punya pendidikan khusus. Nah, mau tahu jurusan-jurusan yang dianggap nyeleneh di Indonesia tapi ada di negara lain karena memang diperlukan keahlian khusus untuk profesinya? Yuk cekidot!!

1.    Pelelangan di Harrisburg Area Community College


Sumber: https://economictimes.indiatimes.com/

SobatGO pernah ikut lelang? Itu lhoo proses tawar menawar barang dengan menaikkan penawaran harga dari konsumen. Salah satu universitas di Amerika ini mempunyai jurusan khusus lelang lho. Di jurusan ini kamu bakal belajar bagaimana cara membuka bisnis lelang dari awal. Mungkin karena di Amerika peminat lelang sangat tinggi ya sampai-sampai dibuat jurusan khususnya. Bahkan ada juga acara TVnya lhooo yaitu Storage War$ dimana orang-orang akan melelang tempat penyimpanan yang sudah ditinggalkan oleh pemiliknya.

 

2.   Manajemen dan Teknologi Industri Bowling di Vincennes University


Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=F3fELuqfg-4

 

Suka main bowling? Olahraga yang menjatuhkan 10 buah pin dengan 1 buah bola besar ini kayanya populer banget di Amerika nih, sobatGO. Sampai-sampai ada jurusan khususnya yang ditujukan untuk kamu yang mau mempelajari dasar-dasar bowling, bagaimana mengelola industri bowling, dan perawatan alat-alatnya.

3.   Beatles di Liverpool Hope University


Sumber: https://www.udiscovermusic.com/

 

Come together, right now. Over me (you sing you win hehehe). Siapa sih yang gatau lagunya The Beatles? Sampai-sampai nih ya ada jurusan khususnya di Inggris. Jurusan ini punya nama lengkap The Beatles, Popular Music & Society. Program kuliah ini mengeksplorasi peran musik populer yang ada selama 50 tahun terakhir. Mereka juga menggunakan The Beatles sebagai bagian dari studi kasusnya. Lulusannya sudah pasti bakalan bekerja di Industri musik nih, sobatGO.

 

4.   Family Enterprise di Stetson University


Sumber: http://www.traynorfamilyenterprise.com/

 

Family Enterprise? Bisnis Keluarga? Wah gak bener nih minGO. Pasti ini jurusan ngajarin nepotisme. Eiiits gak gitu juga sobatGO, memang ada benernya juga sih. Jurusan ini tuh mempelajari sistem dalam keluarga untuk kepentingan bisnis dan bagaimana cara memanfaatkan keluarga sebagai strategi dalam bisnis. Dengan masuk ke jurusan ini, kamu bisa membangun bisnis keluarga ataupun membantumu menjalankan bisnis keluargamu yang sudah ada.

 

5.   Packing di Michigan State University


Sumber: https://weandthecolor.com/

 

Packing? Siapa yang sangka ternyata untuk membungkus sesuatu juga ada ilmunya nih, sobatGO. Di jurusan ini, selain bakal belajar bagaimana caranya untuk membungkus paket dengan rapi, kamu juga bakalan belajar caranya mengefisiensikan waktu dan mempelajari banyak teknik packaging yang digunakan untuk paket-paket yang berbeda. Seperti misalnya bagaimana membungkus barang elektronik dengan menggunakan packaging kayu. Atau bagaimana cara membungkus makanan beku agar awet selama proses pengiriman.

 

6.   Ilmu Pengambilan Keputusan di Indiana University