SobatGO pernah ngerasain suka sama satu mata pelajaran gak sih? Sampai-sampai bisa ikutan olimpiade karena suka banget sama salah satu subjek pelajaran itu? Nah bisa jadi subjek tersebut menentukan masa depanmu nanti. Contohnya seperti Alkaustariyah Lubis, mahasiswa FK Unpad angkatan 2015 yang kini sedang menjalani profesi dokter atau istilah populernya koass.

Saat awal kuliah, Alka udah suka banget sama bidang kesehatan reproduksi a.k.a obstetric-ginekologi/urologi (salah satu bidang kesehatan di ilmu kedokteran).

Alasannya, karena dari semua bidang yang aku paham banget cuma itu hahaha, karena klinis dan sedikit hafalannya jadi lebih banyak ke praktek,” ujarnya.

Meskipun dianggap paling mudah, Alka pernah mewakili FK Unpad untuk mengikuti Olimpiade Kedokteran Mahasiswa (IMO) di bidang Uroreproduksi sampai 3 kali!

“Walaupun ga menang, aku enjoy aja saat proses belajarnya, karena materinya sama dengan bidang yang aku sukai jadi belajarnya seneng, katanya.

Selain itu, Alka juga banyak banget ikut kegiatan-kegiatan ilmiah, seperti menjadi finalis lomba literature view, menjadi periset untuk dosen, dan menulis jurnal ilmiah. Hal ini menarik bagi Alka karena membuat ia terlatih untuk menulis skripsi, meskipun akhirnya ia tidak melaksanakan sidang akhir karena papernya sudah di-publish. FYI, sidang akhir adalah satu proses yang menentukan seorang mahasiswa bisa lulus atau tidak, dalam proses tersebut nantinya mahasiswa akan ditanya-tanya tentang skripsi atau tugas akhir oleh dosen penguji. Bisa dibilang proses ini cukup menegangkan bagi beberapa orang, namun Alka tidak melewati proses ini karena paper-nya. Menurut MinGO, Alka keren banget sih. Meskipun terkesan aktif di bidang akademik, ternyata Alka juga cukup aktif di organisasi juga lho.

“Aku ikut Asosiasi Mahasiswa Kedokteran (CIMSA) sama Science and Research Centre (SRC), diantara 2 organisasi tersebut aku lebih aktif di yang kedua. Aku jadi kepala divisi bagian olimpiade,ujarnya.

Sedikit flashback, Untuk memasuki jurusan kedokteran bukanlah perkara mudah, apalagi Alka masuk ke Fakultas Kedokteran Unpad melalui jalur SNMPTN.

“Dari awal SMA pengen kuliah di PTN yang notabene cukup susah lulus lewat undangan (SNMPTN) karena bukan dari SMA terkenal. Jadi dari awal udah mempersiapkan walaupun gak tau nanti mau jurusan apa yang penting nilai rapor usahakan selalu meningkat dan ikut lomba supaya nambah sertifikat yang disertakan nanti,kata alumnus SMAN 1 Batam ini.

Alka pun menjelaskan mengapa ia memilih jurusan kedokteran dan memilih Unpad untuk tempat melanjutkan studinya.

“Karena mau kerja yang sosialisasi dengan orang dan kenapa Unpad, karena kuota lulusnya banyak dan murah, ujarnya.

Jadi memang proses tidak mengkhianati hasil ya SobatGO, karena Alka sudah mengambil ancang-ancang dari kelas 10 SMA dan akhirnya kini ia berhasil masuk jurusan dan PTN yang ia mau.


Baca Juga



Artikel Lainnya


Comment


Tentang Kami

Bimbel Ganesha Operation merupakan lembaga bimbingan belajar terbaik dan terbesar di Indonesia. Berdiri sejak 1 Mei 1984 di Kota Bandung, saat ini Ganesha Operation telah tersebar di 265 kota di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Ambon.