Hai SobatGO yang lagi bingung milih jurusan. Sebelum kamu milih, harusnya kepo nih mengenai peluang kerja dari jurusan tersebut. Nah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Indonesia, Nadiem Makarim menyebutkan lima pekerjaan yang beliau anggap paling hot dan dicari nih. Apa aja ya? Cekidot!


  1. Data Analyst

    Data Analyst  adalah seseorang yang mengolah data menjadi informasi sehingga karakteristik data tersebut bisa dipahami dan menjadi solusi dari permasalahan, tertutama masalah yang berkaitan dengan penelitian. Definisi lain dari analisis data yaitu kegiatan yang dilakukan untuk mengubah data hasil penelitian menjadi informasi yang nantinya bisa dipergunakan dalam mengambil kesimpulan.


    sumber : http://forkas.stis.ac.id/

    Adapun tujuan dari analisis data ialah mendeskripsikan, memahami, dan menarik kesimpulan berdasarkan data yang didapatkan dari sampel. Biasanya ini dibuat berdasarkan pendugaan dan pengujian hipotesis. Ada yang tertarik? 

  2. Researcher
    Researcher/peneliti adalah orang yang kerjanya memecahkan permasalahan atau menemukan ide baru. Why? Karena seorang peneliti harus melakukan penyelidikan, pemeriksaan, pencermatan, atau percobaan dengan tujuan tertentu dan menggunakan metode/kaidah ilmiah untuk memperoleh suatu hasil. Kegiatan riset meliputi pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif. 


    sumber : https://idren.id/
  3. UI/UX Designer
    UI atau
    User Interface Designer
    adalah seseorang yang mendesain tampilan dari sebuah program, mulai dari aplikasi website, mobile, ataupun software. Seorang
    UI Designer akan membuat desain yang cantik dan menarik untuk membuat user betah mengunjungi website ataupun menggunakan aplikasinya. Adapun mekanisme seorang UI Designer mencakup beberapa hal, seperti tampilan fisik, warna, animasi, dan pola.


    ?sumber : https://www.kindpng.com/

    Terus apa sih UX Designer itu? User Experience Design atau UX Designer adalah seseorang yang menjamin dan meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi/pengunjung website.  UX Designer mengatur penempatan dari setiap fitur, tombol, dan aksen lain dalam sebuah aplikasi agar lebih user friendly.

  4. Software Engineer
    Software Engineer adalah orang yang melakukan analisis kebutuhan dan desain pengguna, kemudian membuat serta menguji aplikasi menggunakan bahasa pemrograman yang akan memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Secara garis besar, software engineer menerapkan prinsip-prinsip teknik pengembangan perangkat lunak. Berbeda dengan pemrograman sederhana, software engineer membuat sistem aplikasi yang lebih besar dan kompleks. Umumnya, jasa mereka digunakan untuk kebutuhan bisnis dan organisasi.

    sumber : https://img.freepik.com/
  5. Product Manager

    Secara mendasar product manager (dalam hal ini untuk produk digital) pastinya orang yang memahami tentang struktur pemrograman – setidaknya tahu tentang algoritma. Namun, sejatinya tugas seorang product manager adalah mengambilan keputusan terkait pengembangan produk di perusahaan. Tanggung jawab seorang product manager, termasuk menuliskan permintaan, wireframe dan perincian fungsionalitas, dan memastikan tim produk memahami setiap detail untuk proses pengembangan. Untuk membuat keputusan tersebut, biasanya seorang product manager juga perlu turun langsung ke pasar untuk melakukan penelitian mandiri.


    sumber : https://miro.medium.com/

    Gimana SobatGO, tertarik dengan profesi-profesi diatas? Tapi, selain perlu tahu jurusan yang ingin dipilih, kamu juga harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin dong biar peluang diterimanya makin besar. Yuk, siapin diri bareng Ganesha Operation biar kamu bisa masuk ke jurusan yang kamu inginkan baik melalui SNMPTN maupun UTBK-SBMPTN.




Baca Juga



Artikel Lainnya


Comment


Tentang Kami

Bimbel Ganesha Operation merupakan lembaga bimbingan belajar terbaik dan terbesar di Indonesia. Berdiri sejak 1 Mei 1984 di Kota Bandung, saat ini Ganesha Operation telah tersebar di 265 kota di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Ambon.