SobatGO pasti sudah gak asing lagi nih sama yang namanya akuntansi. Coba bayangin, angka nol ilang 1 aja dicariin sampe ketemu, apalagi cara buat bahagiain kamu. Pasti dicari sampe ke ujung dunia deh hehehhe. Gimana anak akuntansi gak jadi idaman coba?

Nah, buat yang belum tahu jurusan akuntansi, bidang studi ini mempelajari materi terkait metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan yang berguna untuk pengambilan keputusan. Selama kuliah di prodi ini, kamu bakal sohib banget dengan hitung-menghitung keuangan, termasuk mempelajari teknologi pendukung, seperti Accurate dan MYOB. Sebagai gambaran, beberapa mata kuliah prodi ini adalah perpajakan, auditing, akuntansi biaya, akuntansi keuangan, akuntansi sektor publik, akuntansi korporasi dan pelaporan, sistem informasi akuntansi, analisis laporan keuangan, pasar uang dan pasar modal, manajemen keuangan, manajemen strategi, manajemen risiko, dan statistika.

Sumber: https://www.netclipart.com/

Waduuuuuuuh, ribet banget minGO. Gak paham aku tuuu *hiks hiks*. Gini sobatGO, di jurusan ini bakalan banyak pelajaran tentang laporan keuangan, mulai dari bagaimana membuat laporan keuangan yang sesuai dengan standar masing-masing perusahaan, melakukan analisis laporan keuangan, menilai kelayakan usaha lewat laporan keuangan, sampai menilai prospek kedepannya. Nah, kalau sudah berkaitan dengan uang pasti orang sensitif banget tuh. Jadi, harus teliti banget ngerjainnya, jangan sampe ada yang salah. That’s why Rp 1 ilang aja harus dicari *rasanya pengen ngegantiin deh daripada pusing, gapapa deh Rp 100 gak kembalian juga*. Tapi tidak semudah itu, Fergussooo…

Untuk prospek kerjanya sendiri meskipun gak akan jauh-jauh dari kata “uang” tapi ternyata banyak juga lho pilihannya. Mulai dari yang paling umum, apalagi kalau bukan jadi akuntan. Selain itu bisa juga jadi konsultan pajak, pegawai bank, pegawai asuransi, sampai jadi broker lho, sobatGO. Hah? Broker itu apanya broken minGO? *kamu kali ah yg broken hatinya* Bukan, broker itu gaada hubungannya sama broken kok hahahahha. Broker adalah perusahaan, agen, institusi, maupun pribadi-pribadi yang tugasnya mempertemukan pembeli dan penjual dalam jual beli mata uang (forex) ataupun saham. Bahasa kurang gaulnya, makelar saham.

Gimana? Tertarik buat masuk ke jurusan Akuntansi? MinGO punya saran 5 PTN yang membuka program studi akuntansi terakreditasi A, yaitu:

 

1.    Universitas Indonesia

2.   Universitas Gadjah Mada

3.   Universitas Diponegoro

4.   Universitas Brawijaya

5.   Universitas Soedirman

 

Yuk, siapin diri sekarang juga bareng Ganesha Operation biar kamu bisa masuk ke jurusan yang kamu inginkan baik melalui SNMPTN maupun UTBK-SBMPTN.

 

Referensi

Akuntansi. Retrieved from Rencanamu: https://rencanamu.id/cari-jurusan/ekonomi-bisnis/akuntansi


Baca Juga



Artikel Lainnya


Comment


Tentang Kami

Bimbel Ganesha Operation merupakan lembaga bimbingan belajar terbaik dan terbesar di Indonesia. Berdiri sejak 1 Mei 1984 di Kota Bandung, saat ini Ganesha Operation telah tersebar di 265 kota di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Ambon.