UTBK 2020 diundur!! Yeaaaaaay, ada sobatGO yang seneng ga? Atau malah tambah stress? Hehehe. Selain jadwal UTBK 2020 yang diundur menjadi tanggal 5 s.d 12 Juli 2020 nanti, ada perubahan besar lho mengenai format mata pelajaran yang akan diujikan nanti. Melalui akun official Instagram, LTMPT menjelaskan kalau materi yang diujikan di UTBK 2020 nanti hanya TPS atau Tes Potensi Skolastik saja. Tapi, sebenernya apasih itu TPS? Yuk cekidot!

TPS merupakan tes untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. TPS sendiri dikembangkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang Kemendikbud sejak tahun 1990, namun baru diterapkan untuk UTBK 2019 lalu nih, sobatGO. Pembuatan TPS ini mengacu pada pengembangan SAT (Scholastic Aptitude Test) yang digunakan sebagai salah satu alat seleksi masuk perguruan tinggi di Amerika.

Untuk materinya sendiri Puspendik membaginya menjadi 3 subtes yaitu:

·      Subtes Verbal, yaitu mengukur kemampuan seseorang dalam menggunakan logika verbal untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan masalah kata/bahasa.
Subtes verbal terdiri
atas sinonim, antonim, analogi, dan wacana.

·      Subtes Kuantitatif, yaitu mengukur kemampuan matematis sederhana, memahami konsep matematika, dan menggunakan logika angka untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan angka.
Subtes Kuantitatif terdiri
atas deretan angka, aritmatika dan aljabar, serta geometri.

·      Subtes Penalaran, yaitu mengukur kemampuan dalam memilih dan mengorganisasi informasi yang relevan untuk menyelesaikan masalah.
Subtes Penalaran terdiri
atas logis, diagram, dan analitis.

TPS sendiri sudah ada sejak 1926 lho, sobatGO dan diterapkan di beberapa negara maju seperti Inggris, Finlandia, dan Australia. Jadi menurut minGO nih, TPS merupakan materi yang sudah teruji untuk menyaring calon mahasiswa yang berkualitas. SobatGO juga bisa memiliki peluang yang lebih besar lho untuk diterima di universitas impian. Gimana caranya tuh minGO? Tentu aja dengan persiapan diri yang lebih matang lagi dari sekarang bareng Ganesha Operation . MinGO yakin banget kalian pasti lolos PTN impian kalian. Semangaaatt!!!!

">

Baca Juga



Artikel Lainnya


Comment


Tentang Kami

Bimbel Ganesha Operation merupakan lembaga bimbingan belajar terbaik dan terbesar di Indonesia. Berdiri sejak 1 Mei 1984 di Kota Bandung, saat ini Ganesha Operation telah tersebar di 265 kota di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Ambon.