Serupa tapi tak sama nih sama jurusan Akuntansi, sobatGO. Sama-sama masuk di Fakultas Ekonomi dan sama-sama prodi paling diminati oleh siswa SMA jurusan IPS, tapi cakupan ilmunya ternyata beda lho, yuk kita cek jurusan Manajemen:

Baca Juga : Jurusan Akuntansi

Prodi Manajemen memacu mahasiswanya untuk berpikir kritis karena pada prodi ini kamu akan belajar menjadi seorang pengendali. Kamu gak akan mengendalikan elemen seperti Avatar lho ya, tapi  belajar untuk mengendalikan roda perusahaan, meliputi kebijakan manajemen perusahaan, organisasi, strategi bisnis, ketenagakerjaan dan kepegawaian, manajemen produksi, pemasaran, administrasi, hingga organisasi nirlaba. Salah satu yang seru dari kuliah di Manajemen adalah ketika membantu mengembangkan dan menyelesaikan permasalahan di bisnis UMKM, sobatGO bisa memulai bisnis juga. Padahal kamu masih berstatus mahasiswa, seru kan?


Sumber: https://cms-assets.tutsplus.com/

Di jurusan Manajemen, sobatGO akan belajar semua dasar-dasar ilmu ekonomi di tahun pertama. Mulai tahun kedua dan seterusnya, ilmu yang dipelajari akan terfokus pada manajemen dan bisnis, mulai dari kewirausahaan, etika bisnis, teori-teori pengambilan keputusan dalam bisnis, dsb. Kamu juga akan belajar membangun rasa percaya diri di jurusan ini, karena untuk bisa jadi manajer yang baik kita juga harus bisa memimpin dan hal itu membutuhkan kepercayaan diri. Tapi jangan buru-buru mau jadi manajer ya sobatGO, karena kenyataannya dunia kerja tidak seperti kuliah, semuanya butuh proses.  Oh iya, kita intip dulu yuk prospek kerjanya apa aja.

Jurusan Manajemen dibutuhkan hampir di semua perusahaan dan bidang usaha lho, seperti sektor swasta, hingga instansi pemerintah. Lulusannya dibutuhkan untuk mengelola suatu organisasi termasuk di dalamnya pemahaman tentang hukum ketenagakerjaan dan cara berkomunikasi yang efektif. Jadi, profesinya apa aja minGO? Untuk awal-awal kamu bisa memilih menjadi seorang sales atau pegawai bank, kelanjutannya kamu bisa menjadi seorang product manager, event organizer, sampai market researcher. Banyak juga ya, sobatGO?

Sumber: https://www.bitrix24.com/

Gimana? Tertarik buat masuk ke jurusan manajemen? MinGO punya saran 5 PTN yang membuka program studi manajemen terakreditasi A yaitu:

 

1.    Universitas Indonesia

2.   Universitas Gadjah Mada

3.   Institut Teknologi Bandung

4.   Universitas Diponegoro

5.   Universitas Airlangga

 

Yuk, siapin diri sekarang juga bareng Ganesha Operation biar kamu bisa masuk ke jurusan yang kamu inginkan baik melalui SNMPTN maupun UTBK-SBMPTN.

 

Referensi

Manajemen. Retrieved from Rencanamu: https://rencanamu.id/cari-jurusan/ekonomi-bisnis/manajemen


Baca Juga



Artikel Lainnya


Comment


Tentang Kami

Bimbel Ganesha Operation merupakan lembaga bimbingan belajar terbaik dan terbesar di Indonesia. Berdiri sejak 1 Mei 1984 di Kota Bandung, saat ini Ganesha Operation telah tersebar di 265 kota di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Ambon.